Puskesmas Pasir Panjang Kupang

Warta Puskesmas

MENJALIN KERJA SAMA DENGAN SEKTOR TERKAIT MELALUI MINLOK TRIBULANAN PUSKESMAS

Ditulis Oleh | Minggu, 03 Oktober 2021 05:24
Beri Rating
(3 votes)
MENJALIN KERJA SAMA DENGAN SEKTOR TERKAIT MELALUI MINLOK TRIBULANAN PUSKESMAS

 

Lokakarya Mini Lintas Sektor merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait (lintas sektor) untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan Puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas. Dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat bukanlah menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, puskesmas atau rumah sakit semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen masyarakat, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak.

Sebagai bentuk upaya peningkatan derajat kesehatan Puskesmas Pasir Panjang melaksanakan kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektor. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 September 2021 bertempat di Aula Kelurahan Nefonaek, dengan menghadirkan Kepala Seksi Pelayanan Umum, Dra. Maria Rosario Fernandez sebagai perwakilan Camat Kota Lama dan narasumber pertama dan Kepala Puskesmas Pasir Panjang, dr. Eka Muftiana Rahmawati  sebagai narasumber kedua.

Kegiatan di awali dengan sambutan oleh Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Kota Lama, beliau mengharapkan melalui kegiatan Lintas Sektor ini mampu memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. “Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan terutama program Vaksinasi Covid19 dan pencegahan penyebaran Virus Covid19 di harapkan kerja sama antar Lintas Sektor (Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibmas Puskesmas) dapat memberikan edukasi dan pemahaman agar masyarakat dapat memenuhi protokol kesehatan.”

Agenda kedua pemaparan materi oleh Kepala Puskesmas tentang cakupan  Program-Program di Puskesmas Pasir Panjang yakni UKM Esesnsial, UKM Pengambangan dan UKP. Selanjutnya pemaparan Materi oleh Pengelolah Program Surveilans di Puskesmas yang menampilkan data situasi terkini Covid19 sejak 01Januari – 29 September 2021 yakni 896 kasus terdiri dari Laki-laki 426 orang dan perempuan 470 orang. Sedangkan jumlah kasus kematian yakni 23 kasus. Untuk itu dengan adanya lokmin lintas sektor ini semoga koordinasi antar lintas sektor dapat terjaga dengan baik khususnya di bidang kesehatan sehingga dapat meningkatkan kinerja dari setiap sektor.

Untuk memutuskan meta rantai penularan Covid 19, Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang di terapkan yaitu memakaii masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta menjaga jarak aman.

S A L A M  S E H A T

 

 

 

 

By pj promkes

 

Dibaca 215 Kali
Diana Radja Haba

staf puskesmas pasir panjang

puskppj.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


Artikel Lainnya

Perawatan Saluran Akar; Solusi Perbaiki Gigi Berlubang

Perawatan Saluran Akar; Solusi Perbaiki Gigi Berlubang

Pernahkah Anda mengalami gigi berlubang dan disarankan untuk Read More
Puskesmas Pasir Panjang Telah Dilaunching Sebagai  Puskesmas Ramah Anak

Puskesmas Pasir Panjang Telah Dilaunching Sebagai Puskesmas Ramah Anak

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 Maret Read More
Imunisasi Measles Rubella Lindungi Anak Kita

Imunisasi Measles Rubella Lindungi Anak Kita

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui Read More
Puskesmas Pasir Panjang Gencarkan Kegiatan Prolanis

Puskesmas Pasir Panjang Gencarkan Kegiatan Prolanis

Prolanis atau program pengelolaan penyakit kronis adalah suatu Read More
Memahami Bahaya Campak Jerman atau Rubella

Memahami Bahaya Campak Jerman atau Rubella

Liputan6.com, Bandung Bermacam penyakit campak mungkin sudah tidak Read More
PENYAKIT DBD (Demam Berdarah Dengue) DI PUSKESMAS PASIR PANJANG

PENYAKIT DBD (Demam Berdarah Dengue) DI PUSKESMAS PASIR PANJANG

PENYAKIT DBD (Demam Berdarah Dengue) DI PUSKESMAS PASIR Read More
DEMAM BERDARAH

DEMAM BERDARAH

Pengertian Demam Berdarah. DBD atau demam berdarah dengue Read More
  • 1