BIAS DI MASA PANDEMI

Ditulis Oleh | Kamis, 20 Agustus 2020 14:20 | Dibaca : 174 Kali

 

 

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap beberapa penyakit tertentu yang bisa diperoleh pada saat imunitas anak menurun. Program BIAS ini merupakan Program Tahunan dari Pemerintah yang berjalan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Agustus dan November.


Imunisasi yang diberikan pada bulan Agustus adalah Imunisasi Measles & Rubella disingkat MR yang lebih dikenal dengan Imunisasi Campak pada sasaran anak kelas 1 SD/MI. Sedangkan pada bulan November, imunisasi yang diberikan adalah Imunisasi Difteri Tetanus (DT) bagi kelas 1 SD/MI dan Imunisasi Tetanus Difteri (Td) bagi kelas 2 dan 5 SD/MI.

Walaupun di masa Pandemi Covid19 tahun ini, BIAS tetap dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : SR.02.06/4/9760/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada masa Pandemi Covid-19 serta didukung juga oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Surat Nomor 6198/C1/PD/2020 perihal : Dukungan Pelaksanaan BIAS pada masa pandemi Covid-19. Keputusan yang diambil ini tentunya sudah melalui kajian para ahli yang tergabung dalam Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) yang telah menimbang dengan cermat apabila BIAS tidak dilaksanakan hanya karena pandemi Covid19 akan memperbesar risiko terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB).

Teknis pelaksanaan BIAS di masa Pandemi cukup fleksibel artinya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap wilayah. Walaupun mengalir berbagai dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, tetapi tetap akan kembali kepada Pihak Sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah yang bertanggungjawab terhadap anak didiknya masing-masing, untuk itu UPTD Puskesmas Pasir Panjang telah berkoordinasi dengan lintas sektor terkait  untuk mendukung kegiatan BIAS.

Saat ini pelaksanaan BIAS sedang berjalan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pasir Panjang, dengan sasaran Murid Kelas 1 SD. Penerapan protokol kesehatan wajib dilaksanakan dalam pelaksanaan BIAS di masa pandemi Covid19 ini. Seperti kewajiban memakai masker, tersedianya sarana cuci tangan di sekolah sehingga para siswa dapat diajak untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun baik sebelum atau sesudah melakukan kegiatan di sekolah.

Pihak Puskesmas selaku pelaksana BIAS berusaha keras untuk mencari strategi yang pas agar setiap siswa kelas 1 SD memperoleh manfaat Imunisasi MR. Upaya penerapan protokol kesehatan pencegahan covid 19 dan durasi kehadiraan siswa di sekolah yang singkat dibandingkan proses pembelajaran tatap muka( setelah imunisasi para siswa langsung kembali ke rumah masing-masing) diharapkan meminimalisir kekhawatiran masyarakat akan terjadinya penularan Covid19 di sekolah, mengingat beberapa daerah di Indonesia sudah ada kasus konfirmasi Covid19 dari kluster sekolah.

Mari kita dukung pelaksanaan BIAS untuk melindungi anak anak kita. Wujudkan generasi sehat, Indonesia Sehat.

Diana Radja Haba

staf puskesmas pasir panjang

puskppj.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.