PUSKESMAS PASIR PANJANG v.s COVID 19

Ditulis Oleh | Rabu, 15 April 2020 23:53 | Dibaca : 567 Kali
meja triage meja triage

Seiring dengan bertambahnya jumlah kasus  Covid 19 yang terkonfirmasi,   mengakibatkan keresahan masyarakat di Kota Kupang.  Dalam upaya melawan virus corona (Covid-19)  Puskesmas Pasir Panjang turut berperan  melalui upaya peningkatan Promosi Kesehatan masyarakat tentang Covid-19,


upaya pencegahan dan penanggulangannya serta melaksanakan teknis upaya pencegahan dan penanggulangan di tingkat puskesmas sesuai dengan pedoman pencegahan dan penanggulangan covid 19.

Sebagai bagian dari gugus tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid 19 tingkat kota Kupang, Puskesmas Pasir Panjang telah menjalankan prinsip-prinsip pencegahan penularan Covid 19, screening pengunjung puskesmas  sesuai SOP, dan tindak lanjut hasil screening sesuai standar pedoman  pencegahan dan penanggulangan covid 19.

Upaya nyata  yang di lakukan oleh Puskesmas Pasir Panjang adalah

  • MEWAJIBKAN semua pelanggan Puskesmas menggunakan masker saat berkunjung ke Puskesmas.
  • Sebelum melakukan pendaftaran/ mendapat pelayanan, Puskesmas MEWAJIBKAN semua pelanggan Puskesmas untuk melakukan proses CTPS ( Cuci Tangan Pakai Sabun ) di depan pintu masuk Puskesmas Pasir Panjang.
  • Melakukan PENAPISAN (screening) bagi seluruh pelanggan yang berkunjung ke Puskesmas melalui meja triage. Adapun yang dilakukan di meja triage adalah pengukuran suhu badan, pengisian formulir sreening meliputi  identitas pasien, keluhan pasien dan riwayat perjalanan. Setelah itu pasien akan mengikuti alur pelayanan sesuai dengan SOP
  • Puskesmas memberlakukan jarak duduk antar pasien (social / psysical distancing)
  • Upaya kolaborasi dengan lintas sektor dilakukan dengan membuka contact person : Evalina (08113947591); dr. Febri (081338267262); sdri. Endang (081366910118) untuk mempermudah masyarakat melakukan pelaporan terhadap adanya pelaku perjalanan di wilayah kerja Puskesmas Pasir Panjang (Kelurahan Pasir Panjang, Kelurahan Nefonaek, Kelurahan Oeba, Kelurahan Fatubesi, dan Kelurahan Tode Kisar)

Pada akhirnya segala upaya pencegahan dan penanggulangan covid 19 bukan hanya merupakan  peran puskesmas, tetapi berawal dari kesadaran dan partisipasi  masyarakat tentang pentingnya social / phsycal distancing, stay at home dan prinsip – prinsip pencegahan dan penanggulangan infeksi.

 

SALAM SEHAT

Diana Radja Haba

staf puskesmas pasir panjang

puskppj.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.