PEMBERIAN OBAT CACING

Ditulis Oleh | Kamis, 27 Februari 2020 03:23 | Dibaca : 199 Kali
PEMBERIAN OBAT CACING

Salah satu program pemerintah yang wajib bagi anak-anak kita di bulan februari ini adalah program pemberian Obat Cacing. Oleh karena itu, Puskesmas Pasir Panjang melaksanakan program pemerintah ini dengan membagikan obat cacing di puskesmas, posyandu, TK /PAUD maupun SD  yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pasir Panjang.


Pemberian Obat cacing kadang menimbulkan beberapa pertanyaan di masyarakat,  ada beberapa orang tua yang merasa tidak perlu diberikan karena merasa anaknya tidak cacingan. Oleh karena itu perlu kita ketahui bersama pentingnya pemberian obat cacing pada anak.

 Pemberian obat cacing dilakukan hanya pada anak yang sudah diatas 1 tahun, dengan tujuan : 

  1. MencegahStunting pada anak. Kondisi stunting ini ditandai dengan pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya.
  2. Mencegah anemia. Dapat mengoptimalkan penyerapan karbohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak. Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyerapan nutris dalam tubuhnya sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti kekurangan zat besi, anak kurang gizi.
  3. Membunuh berbagai jenis cacing baik dari telur, larva dan cacing.

 

Obat Cacing ini bisa kita dapatkan di:
 

  1. Posyandu dan puskesmas, untuk anak usia 12 bulan sampai 59 bulan, dengan pemberian yang dikombinasikan dengan vitamin A.
  2. TK/PAUD dan SD, untuk anak usia 6 sampai 12 tahun 

Pemberian obat cacing ini hanya dilakukan apabila anak sehat, tidak demam ataupun sakit, dan harus setelah makan nasi.

 Ayo bunda-bunda yang anaknya belum dapat obat cacing bisa ke sarana kesehatan yang terdekat, khusus yg berdomisili di kelurahan Pasir Panjang, Nefonaek, Oeba, Fatubesi dan Tode Kisar silahkan ke Puskesmas Pasir Panjang atau posyandu- posyandu terdekat.

Diana Radja Haba

staf puskesmas pasir panjang

puskppj.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.