PENYAKIT DBD (Demam Berdarah Dengue) DI PUSKESMAS PASIR PANJANG

Ditulis Oleh | Jumat, 14 Februari 2020 01:13 | Dibaca : 171 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 14 Februari 2020 02:21
pemantauan jentik berkala pemantauan jentik berkala

PENYAKIT DBD (Demam Berdarah Dengue) DI PUSKESMAS PASIR PANJANG

Pada musim hujan seperti sekarang ini sangatlah rentan dengan penyakit DBD, seperti yg kita ketahui bersama saat ini kota kupang mengalami peningkatan kasus DBD. Perkembangan kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Pasir Panjang  dari awal tahun 2020 hingga saat ini mencapai 6 kasus.


Sebagai upaya pencegahan perkembangan kasus,  Puskesmas Pasir Panjang sebagai ujung tombak pelayayan kesehatan di masyarakat  telah melakukan beberapa tindakan yang berkolaborasi dengan lintas program maupun lintas sektor.adapun kegiatan yang dilakukan adalah:

  1. Sistem kewaspadaan dini penyakit DBD
  2. Sosialisasi PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)
  3. Abatesasi
  4. PJB (Pemberantasan Jentik Berkala)
  5. Foging Fokus sesuai rekomendasi Penyelidikan Epidemiologi (PE) kasus DBD

Selain itu, peran serta masyarakat juga sangat penting dengan melakukan PSN (3M+) yaitu :

Menguras, menutup, memanfaatkan kembali/mendaur ulang barang yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, Menabur bubuk larvasida (abate), menggunakan kelambu saat tidur, menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam rumah, menggunakan obat anti nyamuk oles ketika beraktivitas. 

Puskesmas Pasir Panjang juga membuka POSKO DBD 24 jam, dengan harapan kasus DBD tidak mengalami peningkatan apalagi sampai mengakibatkan kematian.

“Mari kita sama-sama Cegah penyakit demam Berdarah”

Diana Radja Haba

staf puskesmas pasir panjang

puskppj.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.