Puskesmas Pasir Panjang Menyiapkan Program Inovasi Yang Akan Di Launching Dalam Waktu Dekat Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 04:22 | Dibaca : 7866 Kali | Terakhir Diperbaharui : Minggu, 29 Juli 2018 04:19
sosialisasi program inovasi puskesmas sosialisasi program inovasi puskesmas doc. puskesmas pasir panjang

Imunisasi sangat bermanfaat dan sangat umum menjadi salah satu bagian dari kesehatan yang berhasil dan efektif (hemat biayta) di dunia. Namun, masih ada lebih dari 19 juta anak di dunia yang tidak divaksinasi atau vaksinasinya tidak lengkap, yang membuat mereka sangat berisiko terhadap beberapa penyakit menular yang berpotensi mematikan.


Anak-anak ini, 1 dari 10 anak tidak pernah menerima vaksinasi apapun, dan setelah dewasapun tubuhnya tidak mengeluarkan antibodi  oleh sistem kesehatan tubuh.

Memperluas akses imunisasi adalah hal yang sangat penting dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDG). Vaksinasi tidak hanya mencegah penyakit tuberkulosis, diare, campak, pneumonia, polio dan betuk rejan, tetapi vaknisasi juga membantu ekonomi dan pembangunan ekonomi.

Puskesmas Pasir Panjang sebagai fasilitas kesehatan pertama merupakan ujung tombak pelyanan imunisasi secara lengkap. Sebagai puskesmas yang telah mendeklarasikan diri sebagai puskesmas ramah anak di Kota Kupang dan mendukung proses akreditasi puskesmas maka Puskesmas Pasir Panjang dalam waktu dekat akan melaunching Program Inovasi dari program Imunisasi yang ada. 

Lalu apa yang sebenarnya  ada dalam program inovasi tersebut ???

Program inovasi yang berkaitan dengan program imunisasi memiliki 4 unsur utama di dalamnya yaitu

  1. Kantong imunisasi. Jika sebelumnya hanya dibuat kantong persalinan oleh petugas di puskesmas Pasir Panjang, maka kali ini juga dibuat kantong imunisasi. Kantong imunisasi dilakukan berdasarkan jumlah posyandu balita Puskesmas Pasir Panjang. Dalam kantong imunisasi ini berisi kartu nama balita yang berada di masa imunisasi, nama orang tua, tanggal imunisasi, rencana imunisasi selanjutnya dan koordinator posyandu. Bagi para pegawai untuk memonitor jadwal dan kelengkapan imunisasi.

 

       2. Perambuan. Seperti kata mendasar “rambu” atau tanda-tanda perambuan ini merupakan bentuk penggunaan penandaan yang menggunakan format gambar dengan tanda bagian tubuh mana imunisasi yang diimunisasi. Setiap             imunisasi dilakukan maka gambar-gambar tersebut akan diberi tanda, dengan demikian orang orang tua dan kader lebih mudah untuk memantau preogresivitas imunisasi anak. Selanjutnya format perambuan akan ditempatkan               didepan KMS anak.

       3. Grup Whatsapp. Grup whatsapp ini dibuat oleh tim puskesmas yang beranggotakan orang tua anak di masa imuniasi. Jaringan komunikasi ini dibentuk agar petugas puskesmas dapat membantu menginformasikan jadwal                     imunisasi kepada orang tua, dan juga berbagi informasi terkait imunisasi, atau layanan ringan terkait imunisasi anak. Diharapkan orang tua akan lebih sadar terhadap jadwal imunisasiasi.

  1. Setifikat imunisasi. Sertifikat imunisasi merupakan puncak dari program inovasi ini. Sertifikat imunisasi merupakan bukti bahawa anak telah mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap. Sertifikat ini ditandatangani oleh koordinator imunisasi dan kepala Puskesmas Pasir Panjang dan dilengkapi dengan tanggal pelaksanaan imunisasi. Sertifikat ini bisa menjadi lebih baik bagi masyarakat agar lebih semangat menuntaskan imunisasi dasar lengkap.

 

Diana Radja Haba

staf puskesmas pasir panjang

puskppj.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.