ANCAMAN KLASTER KELUARGA

Ditulis Oleh | Rabu, 14 Oktober 2020 16:12 | Dibaca : 192 Kali | Terakhir Diperbaharui : Rabu, 14 Oktober 2020 16:41
ANCAMAN KLASTER KELUARGA

Ancaman penyebaran virus corona dari klaster keluarga semakin meningkat. Klaster keluarga adalah penyebaran virus corona yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah. Biasanya, penyebaran berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular di luar rumah dan pulang kerumah lalu menularkannya pada anggota keluarga lain. Pada dasarnya, kasus klaster keluarga COVID-19 tidak akan muncul apabila tidak ada anggota keluarga yang bepergian atau beraktivitas di luar rumah dan kembali ke rumah tanpa benar-benar membersihkan diri terlebih dulu. Oleh karena itu, setiap anggota keluarga berperan penting untuk mencegah terjadi klaster keluarga, dengan cara :

  1. Mencuci Tangan

           Kembali dari bepergian keluar rumah kita harus selalu mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum beraktivitas atau menyentuh barang di rumah karena Virus corona dapat hidup di benda mati dan berpindah ke tangan.

  1. Memakai masker.

           Jika ada anggota keluarga yg kerap kali bepergian keluar rumah  maka untuk menghindari penularan pada anggota keluarga, anggota keluarga tersebut harus  selalu gunakan masker saat di rumah.

  1. Terapkan Etika Bersin dan Batuk

           Hindari batuk dan bersin di dekat anggota keluarga. Etika Batuk merupakan tata cara batuk yang baik dan benar, dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju sehingga bakteri/virus  tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain.

  1. Jaga Kebersihan dan Kesehatan

          Selalu rutin membersihkan rumah dengan menyapu, mengepel, dan mengelap barang-barang dengan pembersih yang mengandung desinfektan. Sirkulasi udara di rumah harus berjalan dengan baik, bukalah semua jendela dan pintu di pagi hari demi pergantian udara. Tetap pastikan                      seluruh anggota keluarga dalam keadaan sehat.

  1. Makanan bergizi seimbang

          Konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang baik untuk kekebalan tubuh.  Asupan makanan yang bergizi seimbang juga dapat  menunjang kekebalan tubuh.

  1. Aktifitas Fisik yang menyenangkan

          Aktivitas fisik yang menyenangkan, istirahat yang cukup serta kelola stress dengan baik  juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 Mari kita berdamai dengan Corona dengan menerapkan protokol kesehatan dalam keluarga . Kita Sehat, Keluarga Sehat, Indonesia sehat….JJ


Diana Radja Haba

staf puskesmas pasir panjang

puskppj.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.